BIMTEK PENGELOLA DATA DAN INFORMASI KETENAGAKERJAAN
23 2018

Bimtek Pengelola Data dan Informasi Ketenagakerjaan

Pusat Data dan Informasi Ketenagakerjaan yg dilaksanakan oleh Kemnaker diikuti oleh Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi, serta Dinas Tenaga Kerja Se Kabupaten dan Kota Provinsi Jambi

Bertempat di Abadi Suite tanggal 21 s.d 22 Mei 2018

Untuk info lowongan kerja atau surat menyurat kami juga menerima via email disnakertransprovjambi@gmail.com

Pelayanan akan ada selama jam kerja operasional kantor

#kegiatannakertransjambi #nakertransjambi

HADAPI MEA, SOSNAKERTRANS PROVINSI JAMBI GELAR UJI KOMPTENSI KEPADA PENCARI KERJA
06 2016

Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Dinsosnakertrans) Provinsi Jambi akan melakukan uji kompetensi kepada para pencari kerja. Hal ini bertujuang agar pencari kerja asal Jambi mampu bersaing dalam menghadapi Masyarakat Ekonomi Asean (MEA).

“Uji kompetensi salah satu cara untuk mendapatkan sertifikat Badan Nasional Sertifikasi Pusat (BNSP),” kata Yendri, Kabid Penempatan Pembinaan dan Perluasan Ketenagakerjaan Dinsosnakertrans Provinsi Jambi.

Peserta yang ikut peserta uji kompetensi di tahun 2016 ini merupakan mereka yang sebelumnya sudah mengikuti pelatihan di BLK 2016.Uji kompetensi dilakukan khusus untuk empat kejuruan, kelistrikan, las, perbengkelan motor dan mobil.

“Kita nanti mengundang tenaga ahli,” kata Yendri.

Dalam menghadapi MEA, Yendri memgaku pihaknya hanya bisa memberikan pelatihan dan pelayanan kepada pemberi kerja, salah satunya Job Fair setiap tahun. Ini guna meningkatkan kualitas dan motivasi terhadap tenaga kerja.

“Kalau diterima atau tidaknya tergantung perusahaanya lagi. Kalau tenaga kerjanya punya kualitas yang bagus pasti diterima. Kita juga terus mendata dengan menyurati setiap perusahaan agar melaporkan lowongan kerja,” katanya. (fth)

ASEAN SKILL COMPETITION (ASC) XII
18 2017

Acara Asean Skill Competition (ASC) XII, merupakan salah satu agenda kegiatan dari Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi, yang dimana diadakan dari tanggal 18 Mei sampai dengan 21 Mei 2017. Acara ini merupakan persiapan untuk mempersiapkan generasi muda berbakat yang akan berkompetensi di ajang Nasional nantinya.

Dalam perlombaan tahun ini, ada beberapa perlombaan diantaranya dalam bidang Mesin, Listrik, Cooking dan Service Restaurant yang dimana akan dinilai oleh juri yang kompeten di bidangnya. Bagi pemenang akan selain mendapatkan Trophy juga akan mendapatkan pembinaan oleh Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Jambi yang juga bekerja sama dengan sekolah, BLK dan juga Hotel terkemuka di Jambi, dengan harapan mendapat prestasi sebaik mungkin di ajang Nasional nanti.

PENUTUPAN PELATIHAN PELATIHAN KEJURUAN SEPEDA MOTOR DI DESA PURWODADI KEC. TEBING TINGGI KAB. TANJUNG JABUNG BARAT
30 2017

Salah satu program dari Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Jambi adalah melakukan Pelatihan yang dimana dilakukan oleh bidang BPTT BLK yang dimana salah satu kegiatannya adalah pelatihan kejuruan sepeda motor, yang dimana salah satunya telah dilaksanakan pada Desa Purwodadi Kec. Tebing Tinggi Kabupaten Tanjung Jabung Barat yang dilaksanakan dari tanggal 17 April 2017 sampai tanggal 22 Maret 2017.

Dengan adanya pelatihan ini, diharapkan menciptakan tenga kerja yang terampil yang siap bersaing dalam mencari pekerjaan bahkan menciptakan generasi yang juga dapat membuka usaha sendiri dengan adanya skill yang telah terasah melalui Program Pelatihan Sepeda Motor tersebut. Peserta yang telah selesai mengikuti pelatihan diberikan sertifikat sebagai bukti bahwa telah memiliki dasar dalam pelatihan sepeda motor tersebut.

POS KOMANDO SATUAN TUGAS (POSKO SATGAS) KETENAGAKERJAAN PEDULI LEBARAN TAHUN 2017
15 2017

POS KOMANDO SATUAN TUGAS (POSKO SATGAS) 

KETENAGAKERJAAN PEDULI LEBARAN TAHUN 2017

 

Dalam rangka pemantaun pembayaran THR keagamaan di Provinsi Jambi, maka Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi membentuk Pos Komando Satuan Tugas (Posko Satgas) ketenagakerjaan peduli lebaran tahun 2017, yang dimana ini juga berdasarkan atas Peraturan Menteri Ketenagakerjaan RI Nomor 3 tahun 2017 tentang pembayaran Tunjangan Hari Raya Keagamaan tahun 2017.

Posko Satgas Ketenagakerjaan Peduli Lebaran Tahun 2017 bertugas untuk :

1. Melakukan pemantauan kegiatan pembayaran THR keagamaan di Provinsi Jambi.

2. Menerima dan menyelesaikan pengaduan pembayaran THR Keagamaan bagi pekerja / buruh dan pengusaha.

Dalam hal pelaporan langsung dapat Ke lokasi Posko Satgas beralamat di Kantor Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Jambi Jl. Yulius Usman No. 9 Kel. Pematang Sulur, Kec. Telanaipura dan pelaksanaa pemantauan Pembayaran THR Keagamaan terhitung mulai dari tanggal 12 s/d 22 Juni 2017.

PENGUMUMAN SELEKSI MAGANG KE JEPANG
05 2017

PENGUMUMAN SELEKSI MAGANG KE JEPANG TAHUN  2017

 

Sehubungan akan dilaksanakan rekrut dan seleksi magang bagi pencari kerja ke Negara Jepang tahun 2017, maka bersama ini kami samoaikan hal-hal sebagai berikut :

 

1. Seleksi untuk provinsi Jambi akan dilaksanakan pada bulan Oktober 2017,

2. Bagi calon peserta yang telah mendaftar di Kabupaten/Kota masing-masing untuk segera mempersiapkan diri semaksimal mungkin dengan melaksanakan pra seleksi di daerah masing-masing terlebih dahulu, mencakup :

a. Persyaratan Tubuh (tinggi badan minimal 160cm dan berat badan minimal 50 kg, tidak bertato dan bertindik, gigi tidak berlubang, dan tidak ada gigi yang patah, tidak ada luka cacat dan penyakit kulit).

b. Test Matematika dasar

c. Tes Ketahanan Fisik ( lari 3km dalam waktu 15 menit, Push Up minimal 35 kali dan Sit up Minimal 25 kali)

3. Bagi lulusan SMK/SMA sederajat berusia 20 s/d 25 tahun yang belum mendaftarkan diri mengikuti seleksi magang ke Jepang untuk segera mendaftarkan diri ke Dinas Ketenagakerjaan Kabupaten/Kota masing-masing atau di BLK se Provinsi Jambi dan Dinas Nakertrans Provinsi Jambi paling lambat tanggal akhir September 2017.

DINAS TENAGA KERJA DAN TRANSMIGRASI PROVINSI JAMBI MERAIH JUARA PADA KOMPETISI INSTRUKTUR SE SUMATRA WILAYAH BARAT
31 2017

Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Jambi meraih Juara pada Kompetisi Instruktur Se Sumatra Wilayah Barat

 

Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Jambi selalu memberikan Pelatihan yang terbaik kepada peserta Didik yang telah menjadi agenda kegiatan setiap tahun, hal ini juga akan sangat baik apabila ditunjang oleh instruktur yang handal dan memang sudah terampil dalam memberikan materi dan praktek kepada peserta pelatihan di Balai Latihan Kerja (BLK) Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Jambi.

Pada tanggal 24 s.d 27 Juli 2017 diadakan kompetisi Instruktur se Sumatera Wilayah Barat yang meliputi Sumatera Barat, Jambi, Bengkulu, Riau dan Kepri, dan pada kesempatan ini Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi mengirim Instruktur dari bidang BLK dan Alhamdullilah mendapatkan prestasi yang baik, Sumarno, S.Pd sebagai Juara 2 Teknik Mesin Pendingin, Elyanti, SE sebagai Juara 3 design grafis, dan Sunarto, S.Pd sebagai juara 3 Teknik Elektronika.

Dengan adanya Prestasi dari Instruktur yang melatih peserta didik, diharapkan akan menciptakan peserta didik yang berkualitas dalam menghadapi persaingan Global dalam dunia pekerjaan, dan semoga dapat mempercepat visi dari Bapak Gubernur Provinsi Jambi dalam mewujudkan Jambi Tuntas 2021.

 


PENUTUPAN PELATIHAN BAHASA JEPANG ANGKATAN II DALAM RANGKA PERSIAPAN PRA SELEKSI MAGANG KE JEPANG DI MERANGIN
14 2017

Penutupan Pelatihan Bahasa Jepang angkatan II dalam rangka persiapan Pra seleksi magang ke Jepang di Merangin
Acara penutupan pelatihan bahasa Jepang angkatan II sebanyak 30 orang dalam rangka persiapan pra seleksi magang ke Jepang Wilayah Barat yang dipusatkan di Kabupaten Merangin kerjasama Disnakertrans Provinsi Jambi dengan Stikes Merangin Yayasan Haji Suhely. Pentupan pada tanggal 12 Agustus 2017 oleh Kadis Nakertrans Provinsi Jambi Ir. M. Fauzi, MT, yang dihadiri oleh Anggota DPR RI,  Komisi IX,  bapak Handayani, dan Kepala BPTT Jambi.
Dengan adanya persiapan ini akan membuat peserta magang dari provinsi Jambi lebih siap dalam proses seleksi nanti, dan membuat calon peserta magang sudah memiliki bekal lebih dalam persaingan seleksi dengan daerah lainnya. Pentingnya persiapan Pra seleksi agar dari peserta seluruh daerah Provinsi Jambi benar-benar mengirimkan calon peserta magang yang telah teruji dan terukur sesuai dengan kriteria yang telah di tetaplan baik secara fisik, kemampuan dan mental peserta.

SELEKSI PENERIMAAN BIMBINGAN KERJA OPERATOR MIGAS (BKOPM) PT PERTAMINA EP ASSET 1 TAHUN 2017
25 2017

Seleksi Penerimaan Bimbingan Kerja Operator Produksi Migas (BKOPM)

PT. PERTAMINA EP ASSET 1 TAHUN 2017

 

                Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Jambi bekerjasama dengan PT. Pertamina EP Asset memberikan kesempatan kepada Putra Indonesia untuk bergabung menjadi pekerja melalui jalur Bimbingan Kerja Operator Produksi Migas (BKOM) dengan persyaratan sebagai berikut.

BIMBINGAN KERJA OPERATOR PRODUKSI MIGAS (BKOPM)

Persyaratan umum :

  1. Warga Negara Indonesia (WNI) dibuktikan dengan Kartu Tanda Penduduk (KTP) yang masih berlaku.
  2. Pendidikan minimal SLTA jurusan IPA atau SMK jurusan Teknik, dibuktikan dengan Fotocopy ijazah terakhir (SLTA/SMK) beserta fotocopy Surat Tanda Tamat Belajar (STTB) yang sudah dilegalisir asli dengan nilai rata-rata minimal 7.50
  3. Jenis kelamin diutamakan laki-laki
  4. Berbadan sehat dan tidak buta warna dibuktikan dengan surat Keterangan Dokter dan Puskesmas atau rumah sakit Pemerintahan
  5. Bebas Narkoba dibuktikan dengan Surat Keterangan dari instansi yang berwenang.
  6. Berkelakuan baik dibuktikan dengan Surat Keterangan Catatan Catatan Kepolisian (SKCK).
  7. Bersedia mengikuti seleksi calon pekerja PT. Pertamina EP yang telah di tetapkan.
  8. Bersedia mengikuti seluruh program pendidikan yang dilaksanakan PT Pertamina EP
  9. Bagi yang belum berkeluarga, bersedia tidak menikah selama menjalani program pendidikan di PT. Pertamina EP.
  10. Bersedia ditempatkan di seluruh wilayah kerja Pertamina EP.

Persyaratan Khusus :

A. Fresh Graduate

  1. Usia maksimum 21 Tahun pada tanggal 31 Agustus 2017
  2. Bagi lulusan tahun 2017 diperbolehkan sementara melampirkan Surat Keterangan Lulus
  3. Pada sudut kanan atas amplop dan Surat Lamaran dicantumkan kode Fresh Graduate.

B. Experience

  1. Usia maksimum 45 tahun pada tanggal 31 Agustus 2017 dan masih aktif bekerja sebagai Pekerja Perusahaan Penyedia Jasa Tenaga Kerja penunjang di Lingkungan PT. Pertamina EP Asset I.
  2. Memiliki Pengalaman kerja minimal 2 (dua) Tahun yang dibuktikan dengan Surat Keterangan Pengalaman Kerja (Vorklaring) dari perusahaan Penyedia Jasa Tenaga Kerja penunjang di lingkungan PT. Pertamina EP Asset I.
  3. Pada sudut kanan atas amplop dan surat lamaran dicantumkan kode Experience.

Penyampaian Dokumen Lamaran

  1. Bagi pelamar yang memiliki kualifikasi yang sesuai dengan persyaratan di atas dapat menyampaikan Surat Lamaran (diketik dengan huruf cetak) Kepada Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Jambi di PO BOX 737 JBI kode pos 36113 dari tanggal 25 Agustus 2017 sampai dengan 31 Agustus 2017 (Stempel POS) dengan melampirkan :
    1. Surat Lamaran
    2. Daftar Riwayat Hidup yang mencantumkan data diri, riwayat pendidikan, alamat rumah, nomor telephone/HP aktif dan alamat email.
    3. Fotocopy KTP sebanyak 1 Lembar
    4. Pas foto berwarna terbaru ukuran 4 x 6 sebanyak 3 lembar
    5. Fotocopy ijazah terakhir SLTA-IPA / SMK Teknik yang telah dilegalisir sebanyak 1 lembar
    6. Surat keterangan Aktif Bekerja yang dikeluarkan oleh perusahaan Penyedia Jasa Tenaga Kerja Penunjang. (Bagi Pelamar Experience)
    7. Surat keterangan pengalaman kerja minimal 2 (dua) tahun yang dikeluarkan oleh perusahaan Penyedia Jasa Tenaga Kerja Penunjang di lingkungan Pertamina EP Asset I bagi pelamar Experience.
    8. Terdaftar sebagai pencari kerja dari disnaker setempat dengan melampirkan Kartu Pencari Kerja / AK1.
    9. Surat keterangan bebas dari narkoba dari instansi terkait.
    10. Surat keterangan Dokter dari Puskesmas atau rumah sakit pemerintah.
    11. Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK)
    12. Surat Pernyataan diri bersedia di tempatkan di seluruh wilayah kerja PT. Pertamina EP
    13. Bagi Pelamar Fresh Graduate pada sudut kanan amplop dan Surat Lamaran dicantumkan kode Fresh Graduate.
    14. Bagi Pelamar Experience pada sudut kanan diatas amplop dan surat lamaran dicantumkan kode Experience.
    15. Mencantumkan rencana lokasi tes psikotest pada sudut kiri atas.
    16. Lamaran yang dikirim sebelum tanggal 25 Agustus 2017 (stempel pos) dan setelah tanggal 31 Agustus 2017 (stempel pos) tidak akan kami proses.

Pelaksanaan Seleksi

  1. Disnakertrans Provinsi Jambi akan melaksanakan seleksi administrasi berdasarkan persyaratan di atas dan Pelamar yang dipanggil mengikuti tes tahap I (pertama) dan tahap selanjutnya akan diinformasikan melalui pengumuman dan No HP 0852671571087.
  2. Setiap tahapan seleksi menggunakan sistem gugur dan pemanggilan bersifat final serta tidak dapat diganggu gugat.
  3. Bagi pelamar yang dipanggil, pada setiap tahapan diwajibkan membawa Kartu Tanda Penduduk (KTP Asli) sesuai dengan yang tercantum dalam daftar riwayat hidup yang dikirimkan.
  4. Calon peserta BKOPM harus lulus seluruh tahapan seleksi.
  5. Biaya transportasi dari dan ke tempat tes, termasuk akomodasi dan komsumsi selama tahapan seleksi menjadi tanggung jawab peserta.
  6. Selama proses seleksi, pelamar tidak diperkenankan melakukan korespondensi, baik lisan maupun tertulis (dalam bentuk apapun) dengan pihak Disnakertrans Provinsi Jambi dan/atau PT Pertamina EP Asset I.
  7. Segala bentuk manipulasi data dan/atau  kecurangan tidak diperkenankan dalam proses seleksi ini. Apabila ditemukan manipulasi data dan/atau kecurangan dilakukan oleh pelamar, maka PT Pertamina EP Asset I berhak menggugurkan hak keikutsertaannya dalam proses rekrutmen BKOPM 2017.
  8. Kami himbau kepada calon peserta seleksi Program BKOPM 2017 agar berkonsenterasi dan berhati-hati terhadap penipuan oleh pihak-pihak yang tidak bertanggungjawab yang memberikan janji kelulusan terhadap seleksi penerimaan ini, pihak Disnakertrans Provinsi Jambi dan PT Pertamina EP Asset I tidak bertanggungjawab terhadap kerugian yang timbul terkait dengan hal tersebut.

 

 

 

 

 



PAMERAN BURSA TENAGA KERJA 2017
20 November 2017

PAMERAN BURSA TENAGA KERJA 2017

 

  Pada tanggal 18 dan 19 November 2017 Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Jambi melaksanakan pembukaan Pameran Bursa Tenaga Kerja yang dilaksanakan di Mall WTC Batanghari Jambi, yang dimana dibuka dari pukul 09.00 WIB sampai pukul 17.00 WIB. Dalam Pameran Bursa Tenaga Kerja Tahun ini didukung oleh 32 perusahaan yang berpartisipasi dan tersedia lebih dari 3000 lowongan yang dapat dipilih oleh pencari kerja. 

Acara Pameran Bursa Tenaga Kerja sangat menarik perhatian warga Jambi dan sangat di dukung oleh Bapak Gubernur Jambi H. Zumi Zola Zulkifli, S.TP, MA yang dalam sambutannya sekaligus membuka acara juga sangat mendukung acara ini, selain acara yang dibuat pemerintah secara gratis, beliau juga berharap dengan adanya acara ini dapat mengurangi angka pengangguran dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat Jambi, sesuai dengan visi dan misi menuju Jambi Tuntas 2021.

Acara terlaksana dengan baik dan antusias pencari kerja yang sangat ramai sampai hari acara berakhir, terbukti dengan banyaknya berkas lamaran yang masuk yang mencapai lebih dari 5000 lamaran kerja. Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi mengucapkan terimakasih kepada semua pihak yang mendukung acara ini dan berharap semua pelamar yang telah diterima dapat sukses ditempat masing-masing.

PENYERAHAN PENGHARGAAN INDEKS PEMBANGUNAN KETENAGAKERJAAN 2017 KEPADA BAPAK GUBERNUR JAMBI
07 Desember 2017

Gubernur Jambi, H.Zumi Zola Zulkifli, S.TP,MA menerima Penghargaan Indeks Pembangunan Ketenagakerjaan Tahun 2017 yang langsung diserahkan oleh Menteri Ketenagakerjaan RI, Muhammad Hanif Dhakiri,S.Ag,M.Si, bertempat di Ruang Tri Dharma Gedung A Kementerian Ketenagakerjaan RI, Jakarta, Rabu Tanggal 6 Desember 2017.

Ada 15 kategori dalam penyerahan Penghargaan Indeks Pembangunan Ketenagakerjaan Tahun 2017, dan 9 provinsi yang meraih penghargaan tersebut, termasuk Provinsi Jambi. Provinsi Jambi meraih Penghargaan Indeks Pembangunan Ketenagakerjaan Peringkat pertama pada kategori Urusan Ketenagakerjaan Kategori Kecil, untuk terbaik kedua diraih oleh Provinsi Kepulauan Bangka Belitung dan untuk terbaik ketiga diraih oleh Provinsi Sulawesi Tengah.

Bapak Gubernur mengemukakan, penghargaan yang diterima Provinsi Jambi ini merupakan wujud dari apresiasi yang diberikan oleh Kementerian Ketenagakerjaan RI, serta menandakan bahwa Menteri Ketenagakerjaan RI memonitoring dan menilai secara langsung kinerja dari Pemerintah Provinsi Jambi.

"Setiap tahun, Pemerintah Provinsi Jambi melalui Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi selalu mengadakan Bursa Tenaga Kerja yang dimana dalam rangka mengurangi angka pengangguran dan meningkatkan kesempatan masyarakat mendapatkan pekerjaan yang baik. Bapak Gubernur menerangkan, saat ini peluang lapangan pekerjaan sudah tersedia, tinggal lagi Pemerintah Provinsi Jambi akan berupaya dalam meningkatkan sumber daya manusianya agar lebih berkualitas dan memiliki daya saing, ditengah kondisi Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) yang menuntut para tenaga kerja untuk harus bisa bersaing dengan tenaga kerja dari luar. Upaya yang telah dilakukan Pemerintah Provinsi Jambi melalui Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Jambi dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia adalah mengadakan pelatihan Berbasis kompetensi yang dimana dilakukan di Kota Jambi dan Beberapa Kabupaten yang ada di Provinsi Jambi.

 

 

MENAKER HANIF CANANGKAN PERINGATAN BULANK3 NASIONAL 2018
15 2018

Menaker Hanif Canangkan Peringatan BulanK3 Nasional 2018 

 

 

Menteri Ketenagakerjaan M. Hanif Dhakiri mencanangkan peringatan Hari K3 Nasional sebagai tanda dimulainya Bulan Keselamatan  dan Kesehatan Kerja (K3) Nasional tahun 2018 yang diselenggarakan secara serentak di seluruh tanah air setiap tanggal 12 Januari.

 

Menaker Hanif mengatakan momentum peringatan bulan K3 ini sangat tepat dan strategis untuk mendorong semua pihak berpartisipasi aktif membudayakan K3 di Indonesia. Semua pihak harus turun tangan untuk bekerja sama agar budaya K3 benar-benar terwujud di setiap tempat kerja dan lingkungan  masyarakat umum di seluruh tanah air.

 

“Penerapan budaya K3 merupakan bagian integral pembangunan nasional untuk meningkatkan produktivitas dan daya saing Indonesia,” kata Menaker Hanif dalam upacara puncak peringatan Bulan K3 Nasional di Surabaya, Jawa TImur pada (12/1).

 

Peringatan Hari K3 tahun 2018 ini merupakan tahun keempat bagi bangsa Indonesia  secara terus menerus  berjuang, berperan aktif dan bekerja secara kolektif dalam mewujudkan “Kemandirian Masyarakat Indonesia Berbudaya K3 Tahun 2020”. Sedangkan tema pokok Bulan K3 2018 ini adalah “Melalui Budaya Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) Kita Bentuk Bangsa yang Berkarakter”.

 

Menaker Hanif mengatakan pemerintah saat ini masih memprioritaskan pembangunan infrastruktur sebagai antara lain jalan tol, fasilitas kereta api, jembatan dan fasilitas transportasi lain baik udara, darat maupun laut serta sarana-prasarana penunjang lainnya.

 

“Program pembangunan tersebut harus didukung oleh penerapan K3 agar pelaksanaannya jangan sampai menimbulkan kecelakaan dan penyakit akibat kerja,” kata Hanif.

 

Kecelakaan kerja dan penyakit akibat kerja bukan hanya menimbulkan kerugian material maupun korban jiwa serta gangguan kesehatan bagi pekerja tetapi dapat mengganggu proses produksi secara menyeluruh bahkan merusak lingkungan yang akhirnya berdampak kepada masyarakat luas.

 

”Salah satu penyebab kecelakaan kerja tersebut adalah belum optimalnya pengawasan dan pelaksanaan K3 serta perilaku K3 di tempat kerja.Karena itu, perlu dilakukan upaya yang nyata untuk mencegah dan mengurangi terjadinya kecelakaan maupun penyakit akibat kerja secara maksimal,” kata Hanif.

 

Berdasarkan data dari BPJS Ketenagakerjaan  jumlah kasus kecelakaan kerja terus menurun. Tahun 2015 terjadi kecelakaan kerja sebanyak 110.285 kasus, sedangkan tahun 2016 sejumlah 105.182 kasus, sehingga mengalami penurunan sebanyak 4,6%. Sedangkan sampai Bulan Agustus tahun 2017 terdapat sebanyak 80.392 kasus.

 

Kementerian  Ketenagakerjaan sebagai leadingsector atau pemegang kebijakan nasional tentang K3, sangat mengharapkan dukungan semua pihak untuk lebih mengoptimalkan pelaksanaan K3. Pemerintah, pemerintah daerah, lembaga, masyarakat industri berkewajiban untuk berperan aktif sesuai fungsi dan kewenangan masing-masing untuk terus menerus melakukan berbagai upaya dibidang K3.

 

Apabila K3 terlaksana dengan baik maka kasus kecelakaan kerja dan penyakit akibat kerja dapat ditekan, biaya-biaya yang tidak perlu dapat dihindari sehingga dapat tercapai suasana kerja yang aman, nyaman, sehat, dan meningkatnya produktivitas kerja.pertumbuhan ekonomi nasional dan daya saing global.

 

Dalam kesempatan ini Menaker Hanif  menghimbau, mengajak, dan mendorong agar semua Kementerian, Pemerintah Provinsi, Pemerintah Kabupaten/Kota, para Cendikiawan, Perguruan Tinggi, organisasi profesi, asosiasi, pimpinan perusahaan, pekerja, masyarakat lain-lainnya,  melakukan upaya-upaya konkrit terhadap pelaksanaan K3 di lingkungannya masing-masing. Sehingga budaya K3 benar-benar terwujud disetiap tempat kerja dan masyarakat umum  di seluruh tanah air.

 

Adapun rangkaian kegiatan dalam rangka bulan K3 nasional tahun 2018  diantaranya penyerahan penghargaan Pembina K3 kepada bupati/walikota. Penghargaan Zero Accident(Kecelakaan Nihil), penerapan sistem manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja (SMK3) serta program pencegahan dan penanggulangan HIV.

 

Biro Humas Kemnaker bersama Tim Komunikasi Pemerintah Kemkominfo

 

SOSIALISASI PROGRAM MAGANG KE JEPANG DI DINAS TENAGA KERJA DAN TRANSMIGRASI KABUPATEN TANJUNG JABUNG BARAT PROVINSI JAMBI TAHUN 2018
15 2018

Program Pemagangan ke Jepang merupakan Kerjasama Kemnaker RI dan IM Japan. Melalui Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Jambi guna Menunjang Program Gubernur Jambi "JAMBI TUNTAS" Tahun 2021, diharapkan bagi lulusan SMK & SMA sederajat yang berminat mengikuti Program Magang ke Jepang, pendaftaran tanpa kuota dengan kata lain sebanyak mungkin dapat diterima sesuai dengan ketentuan dan persyaratan. Adapun Perlindungan & Perjanjian Tata Tertib Pemagangan di Jepang dilaksanakan selama 3 (tiga) Tahun dengan syarat sebagai berikut :

PERSYARATAN ADMINISTRASI :
o Surat Lamaran ;
o KTP, Berdomisili 2 Tahun di Tempat Seleksi ;
o Kartu Keluarga (KK), Berdomisili 2 Tahun di Tempat Seleksi ;
o Skck ;
o Ijazah (SD s.d Terakhir) ;
o Sertifikat Latihan 220 JP (Bagi Lulusan Non Teknik) ;
o Surat Keterangan berbadan Sehat dari Dokter.
o Photo Copy Raport (dari SD s.d Terakhir)
o Akte Kelahiran
o Kartu Kuning di Legalisir
o Surat Ijin Orang Tua / Wali
o Surat Pernyataan belum pernah Magang ke Jepang
o Surat Rekomendasi Min Kelurahan
o Paspoto Warna 3x4 = 8 Lembar
o Poto Bersama Keluarga Background Rumah Sendiri (3r 2 Lmbr)

KESEMAPTAAN TUBUH :
o Laki-laki
o Tamatan minimal SMA sederajat
o Umur 19,5 -26 tahun
o Tamatan SMK (umur 18 - 26 Tahun)
o Tinggi badan minimal 160 cm
o Tidak ada cacat ;
o Tinggi badan min 160 cm dan berat badan min 50 kg ;
o Tidak memiliki tato / bekas tato ;
o Tidak memiliki tindik / bekas tindik ;
o Tidak pernah patah tulang / bekas patah tulang ;
o Tidak Tuli ;
o Tidak Hernia ;
o Tidak memiliki penyakit kulit ;
o Bentuk kaki tidak semper, letter o, letter x ;
o Tidak memiliki disfungsi organ tubuh ;
o Tidak buta warna; 
o Tidak berkaca mata, silindris ;
o Tidak memiliki bekas operasi (kecelakaan, luka bakar, usus buntu ± 1 thn karena penyakit) ;

PROGRAM MAGANG KE JEPANG INI SANGAT BERMANFAAT DAN MEMILIKI KEUNTUNGAN : 
o Tiket pesawat pp Jakarta – Jepang ;
o Gaji minimal 12 juta/bulan ;
o Asuransi kesehatan ;
o Asrama tempat tinggal ;
o Tunjangan usaha 65 juta ; 
o Pengembalian asuransi 50 juta ; 
o Wawancara dengan Perusahaan Jepang yang ada di indonesia ( setelah pulang ) ;
o Mendapatkan Sertifikat dari IM japan ;
o Mendapatkan sertifikat JITCO (Japan International Training Cooperation Organization)/Organisasi Kerjasama Pelatihan Internasional Jepang) ;
o Dapat mengikuti kemampuan bahasa jepang (n3) / level bahasa ; 
o Magang sambil kuliah

AYOOOOO BURUAN..... ,!!!
DAFTAR KE DINAS NAKERTRANS PROVINSI JAMBI & BLK/BPTT PROVINSI JAMBI & DINAS NAKERTRANS KABUPATEN/KOTA se Provinsi Jambi Tahun Anggaran 2018
Catatan :
Pendaftaran Magang ke Jepang. Dimulai dari tanggal 02 Januari s.d. 31 Agustus 2018

PELEPASAN MAGANG KE PERUSAHAAN DAN MAGANG
23 2018

Acara Pelepasan Magang ke Perusahaan sebanyak 220 orang, dan Magang ke Jepang 56 orang oleh Gubernur Jambi Bapak Dr. Drs. H. FACHRORI UMAR,M.Hum dan turut dihadiri Dirjen Pembinaan Pelatihan dan Produktivitas Tenaga Kerja Kemnaker R. I, Bapak Drs. Bambang Satrio Lelono, MA. , Direktur Bina Pemagangan Bapak Asep Gunawan, MM, Unsur Forkopimda dan Kepala OPD Provinsi Jambi, Ketua FKJP, Asososiasi Pengusaha, Asosiasi Pekerja/Buruh, Pimpinan perusahaan Lokus Pemagangan, pada tanggal 18 Juli 2018 berlangsung dengan Sukses. Terima kasih atas dukungan tim Disnakertrans Provinsi Jambi yang solid dan tangguh. Semua ini berkat dukungan, dorongan dan motivasi yang diberikan oleh Kadis Nakertrans Provinsi Jambi Bapak Ir. Muhammad Fauzi, MT.

Dalam acara ini diharapkan peserta mendapatkan pengalaman dan ilmu baru dalam bekerja, dan menjadi tenaga kerja yang terampil dan membanggakan di luar negeri, dengan perbekalan skil dan bahasa yang telah diberikan selama masa pembekalan oleh Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Jambi, yang dimana dapat meningkatkan perekonomian peserta magang keluar negeri dan mengurangi angka pengangguran. Program magang perusahaan dan Magang ke Jepang adalah salah satu program dan bukti nyata dari Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Jambi dalam upaya meningkatkan angkatan kerja produktif dan mengurangi angka pengangguran, yang dimana setiap tahunnya selalu diikuti oleh seluruh peserta kabupaten/kota dalam mengikuti seleksi magang perusahaan dan magang ke Jepang.

 

DESIMINASI SISTEM JAMINAN SOSIAL NASIONAL BAGI SEKTOR INFORMAL
26 2018

            Desiminasi Sistem Jaminan Sosial Nasional Bagi Sektor Informal ( SJSN) tgl. 24 .s/d 25 Juli 2018 di Hotel O dua Weston Jambi, pada acara ini di buka langsung oleh Kepala Dinas Nakertrans Prov. Jambi Oleh Bapak Ir. Muhammad Fauzi, MT. Pada kesempatan ini juga Kepala Dinas memberikan arahan akan pentingnya jaminan sosial bagi sektor informal untuk keamanan dan kenyamanan baik dalam masa bekerja atau masa jaminan hari tua nanti.

            Kegiatan yang diikuti oleh 150 peserta dari berbagai kalangan pelaku usaha seperti UKM, pelaku usaha mandiri, pengusaha, wiraswasta dan kelompok masyarakat sektor informal lainnya. Selama kegiatan peserta diberikan informasi tentang manfaat dan pentingnya memiliki Jaminan Sosial berupa menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan, yang dimana juga memberikan rasa aman saat bekerja dan memiliki jaminan pensiun dan dihari tua. Dengan adanya jaminan sosial ketenagakerjaan diharapkan semua lapisan pelaku usaha sektor informal memiliki rasa aman saat bekerja, sesuai dengan peraturan pemerintah yang berlaku berupa Pasal 13 ayat (1) UU No 40 Tahun 2004 tentang Sistem Jaminan Sosial Nasional (SJSN) menyebutkan, pemberi kerja secara bertahap wajib mendaftarkan dirinya dan pekerjanya sebagai peserta kepada Badan Pelaksana Jaminan Sosial (BPJS), sesuai dengan program jaminan sosial yang diikuti.

            BPJS Ketenagakerjaan mencakup program Jaminan Hari Tua (JHT), Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK), Jaminan Kematian (JK), Jaminan Pensiun (JP) ini sangat bermanfaat bagi pekerja sektor informal agar terciptanya rasa aman dan nyaman dalam bekerja dan kepastian pensiun saat sudah tidak bekerja atau melakukan kegiatan usahanya.

            Pada acara ini kita juga bekerja sama dengan nara sumber langsung dari BPJS Ketenagakerjaan dan juga menyediakan stand pelayanan dan menyambut baik antusias peserta dalam bergabung kedalam program BPJS Ketenagakerjaan. Tujuan akhir program ini adalah meningkatkan kesadaran pelaku usaha informal untuk mengikuti dan mendukung program pemerintah mengikuti Jaminan Sosial sektor Informal dan dapat mewujudkan kesejahteraan perekonomian baik dalam usia produktif dan jaminan hari tua yang dapat langsung dirasakan oleh masyarakat pelaku sektor informal.

 

AYO IKUTI SERTIFIKASI NASIONAL BERBASIS STANDAR KOMPETENSI KERJA NASIONAL INDONESIA (SKKNI)
01 2018

PENGUMUMAN :

DALAM RANGKA MENINGKATKAN DAYA SAING TENAGA KERJA, PUSAT PENGEMBANGAN LITERASI PROFESI SDM INFORMATIKA KEMKOMINFO R.I, BEKERJASAMA DENGAN DISNAKERTRANS PROVINSI JAMBI AKAN MELAKSANAKAN SERTIFIKASI NASIONAL BERBASIS STANDAR KOMPETENSI KERJA NASIONAL INDONESIA (SKKNI) BAGI ANGKATAN KERJA MUDA SE-PROVINSI JAMBI, KATEGORI :
1. NETWORKING MADYA 
2. PROGRAMING MADYA 
3. MULTIMEDIA MADYA.

PELAKSANAAN : 7 - 9 AGUSTUS 2018.

PERSYARATAN :
1. WARGA NEGARA INDONESIA
2. USIA MAKSIMUM 27 TAHUN
3. LULUS BIDANG INFORMATIKA SETINGKAT D.III - S.1
4. MELAKUKAN PENDAFTARAN SECARA ONLINE MELALUI : litprofinformatika.kominfo.go.id

TIDAK DIPUNGUT BIAYA

AYOOO.... YANG MEMENUHI PERSYARATAN SEGERA MENDAFTAR, JUMLAH TERBATAS, KUOTA HANYA 75 ORANG.

GUBERNUR JAMBI KEMBALI MERAIH PENGHARGAAN PEMBINA KESELAMATAN DAN KESEHATAN KERJA (K3) TAHUN 2018
13 2018

Pada tahun ini Provinsi Jambi kembali meraih penghargaan Pembina Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) yang dimana Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Jambi Bapak Dr. Drs. H. Fachrori Umar, M.Hum menerima secara langsung dari Menteri Ketenagakerjaan RI yang diselenggarakan oleh Sekretaris Jenderal Kementerian Ketenagakerjaan Republik Indonesia bertempat di Hotel Bidakara Jakarta tanggal 9 Agustus 2018. Hal ini diperoleh berkat dukungan dari Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi baik Provinsi dan seluruh Kabupaten dan kota di Provinsi Jambi, serta dukungan dari perusahaan dan pelaku usaha di Provinsi Jambi yang selalu memperhatikan apa saja standar dan prosedur dalam penerapan K3 pada perusahaan yang ada di Provinsi Jambi.

Penghargaan pembinaan K3 diberikan kepada Gubernur yang telah berhasil melaksanakan program pembinaan K3 sehingga perusahaan-perusahaan di wilayahnya memperoleh Sistem Manajemen dan Kesehatan Kerja (SMK3) atau kecelakaan Nihil sebanyak 0,05% dari jumlah perusahaan yang ada di wilayahnya. Setiap tahun Dinas Tenaga Kerja dan Provinsi Jambi selalu berusaha melakukan hal sosialisasi dan pengawasan kepada perusahaan akan pentingnya memperhatikan K3, dan berupaya mempertahankan penghargaan K3 yang ketiga kalinya di tahun selanjutnya.

Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Jambi juga berupaya agar capaian K3 bisa terus ditingkatkan, sehingga kedepannya lebih baik lagi dalam mewujudkan masyarakat dan pekerja yang lebih tenang dan nyaman dalam bekerja.