DESIMINASI SISTEM JAMINAN SOSIAL NASIONAL BAGI SEKTOR INFORMAL
26 2018

            Desiminasi Sistem Jaminan Sosial Nasional Bagi Sektor Informal ( SJSN) tgl. 24 .s/d 25 Juli 2018 di Hotel O dua Weston Jambi, pada acara ini di buka langsung oleh Kepala Dinas Nakertrans Prov. Jambi Oleh Bapak Ir. Muhammad Fauzi, MT. Pada kesempatan ini juga Kepala Dinas memberikan arahan akan pentingnya jaminan sosial bagi sektor informal untuk keamanan dan kenyamanan baik dalam masa bekerja atau masa jaminan hari tua nanti.

            Kegiatan yang diikuti oleh 150 peserta dari berbagai kalangan pelaku usaha seperti UKM, pelaku usaha mandiri, pengusaha, wiraswasta dan kelompok masyarakat sektor informal lainnya. Selama kegiatan peserta diberikan informasi tentang manfaat dan pentingnya memiliki Jaminan Sosial berupa menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan, yang dimana juga memberikan rasa aman saat bekerja dan memiliki jaminan pensiun dan dihari tua. Dengan adanya jaminan sosial ketenagakerjaan diharapkan semua lapisan pelaku usaha sektor informal memiliki rasa aman saat bekerja, sesuai dengan peraturan pemerintah yang berlaku berupa Pasal 13 ayat (1) UU No 40 Tahun 2004 tentang Sistem Jaminan Sosial Nasional (SJSN) menyebutkan, pemberi kerja secara bertahap wajib mendaftarkan dirinya dan pekerjanya sebagai peserta kepada Badan Pelaksana Jaminan Sosial (BPJS), sesuai dengan program jaminan sosial yang diikuti.

            BPJS Ketenagakerjaan mencakup program Jaminan Hari Tua (JHT), Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK), Jaminan Kematian (JK), Jaminan Pensiun (JP) ini sangat bermanfaat bagi pekerja sektor informal agar terciptanya rasa aman dan nyaman dalam bekerja dan kepastian pensiun saat sudah tidak bekerja atau melakukan kegiatan usahanya.

            Pada acara ini kita juga bekerja sama dengan nara sumber langsung dari BPJS Ketenagakerjaan dan juga menyediakan stand pelayanan dan menyambut baik antusias peserta dalam bergabung kedalam program BPJS Ketenagakerjaan. Tujuan akhir program ini adalah meningkatkan kesadaran pelaku usaha informal untuk mengikuti dan mendukung program pemerintah mengikuti Jaminan Sosial sektor Informal dan dapat mewujudkan kesejahteraan perekonomian baik dalam usia produktif dan jaminan hari tua yang dapat langsung dirasakan oleh masyarakat pelaku sektor informal.