UPTD BPTT/BLK

27 2016

BPTT/BLK Jambi
Kompetensi Adalah Bagian Penting Dari Upaya Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat. Kcompetensi merupakan kata kunci penting di dunia kerja saat ini. Selain berguna untuk meningkatkan daya saing dan produktivitas daerah Dan nasional,  Kompetensi juga berguna untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.
“Satu-satunya cara untuk meningkatkan kesejahteraan tersebut adalah dengan meningkatkan kualitas atau kompetensi SDM.
Saat ini, latar belakang pendidikan angkatan kerja Indonesia masih didominasi oleh lulusan menengah ke bawah (SD-SMP) sebesar 60 persen. Dengan rendahnya tingkat pendidikan, mereka akan terjebak pada profesi tertentu dengan standar kesejahteraan yang rendah.
Oleh karenanya, pemerintah terus mendorong program percepatan peningkatan kompetensi dan sertifikasi profesi. Program ini bertujuan untuk membantu masyarakat yang memimiliki keterbatasan latar belakang pendidikan, sehingga mereka mampu up grading skill dan mendapatkan sertifikasi profesi yang diakui di dunia kerja.
“Oleh karena itu, upaya pengurangan pengangguran melalui peningkatan kualitas SDM ini harus dilakukan secara nyata. Sehingga benar-benar dapat membawa manfaat bagi dunia kerja yang sesuai dengan pasar kerja,
Dalam  upaya percepatan peningkatan kompetensi dan sertifikasi profesi, pemerintah Provinsi Jambi melakukan upaya melalui  pelatihan di Balai Pelatihan  Kerja/BLK Jambi.  Program Pelatihan ini upaya  mewujudkan Visi Misi  Gubernur  Jambi,  diantaranya meningkatan kualitas SDM,  Meningkatkan daya saing daerah Nasional, Meningkatkan kualitas kehidupan masyarakat. Ini dilakukan dalam  upaya  menuju Indonesia Kompeten. 
Tahun 2017 melalui Dana APBD Provinsi Jambi telah melaksanakan pelatihan berbasis kompetensi (PBK) kepada pencari kerja sebanyak 7 paket pelatihan atau sebanyak 112 orang. Pelatihan tersebut terdiri  menjahit,  operator komputer, las listrik, montir sepeda motor dan prosesing hasil pertanian. 
Selain itu dilaksanakan juga pelatihan bahasa Jepang di wilayah barat sebanyak 60 orang. Pelatihan bahasa Jepang dilaksanakan dalam upaya menyiapkan calon peserta magang ke Jepang sebelum mengikuti seleksi magang ke Jepang. PBK dilaksanakan dengan menyatukan konsep Skill, Pengetahuan,  dan Attitude.
Selain melalui dana Apbd, BLK Jambi memperoleh dana APBN untuk pelatihan sebanyak 19 Paket atau sebanyak 304 orang, terdiri dari montir Mobil,  Montir Mobil, Las Listrik, Bubut, Instalasi Listrik, menjahit, operator komputer, bordir, menjahit pakaian anak/wanita.
Kedepan, pemerintah provinsi Jambi melalui Dissnakertrans akan lebih memperhatikan program peningkatan kompetensi ini. Baik dari segi pendanaan maupun memperhatikan kesesuaian pelatihan kerja dengan kebutuhan industri setempat. Sehingga, terjadi kesesuaian (matching) antara supplay and demand tenaga kerja.
peningkatan kompetensi akan sangat membantu terhadap upaya pengurangan kemiskinan dan pengangguran. Karena, selain membantu masyarakat memiliki kompetensi agar terserap ke dunia industri, peserta pelatihan juga bisa memanfaatkan hasil pelatihannya untuk berwirausaha.
“Yang pelu kita sadari bersama bahwa peatihan ini  Dalam rangka peningkatan kompetensi, karena banyak tantangan yang  dihadapi sektor ketenagakerjaan di luar masalah kemiskinan dan pengangguran. Yakni perkembangan teknologi dan informasi.
Tertanda
Kepala BPTT/BLK Jambi
Cikmas Hadi Salasa,SE